Inovasi Pembelajaran merupakan sebuah upaya pembaharuan terhadap berbagai komponen yang diperlukan dalam penyampaian materi pelajaran dan mampu memecahkan masalah pembelajaran, serta memiliki dampak yang positif dan manfaat yang berkelanjutan.
Inovasi Pembelajaran ini merupakan program pemerintah dalam hal ini Kemendikbud untuk setiap tahunnya yaitu dimulai pada tahun 2012 sampai sekarang. Biasa namanya "Lomba Inovasi Pembelajaran" baik untuk tingkat SD, SMP, SMA, sederajat.
Lomba Inovasi Pembelajaran merupakan kegiatan bagi guru (SD, SMP, SMA/yang sederajat), dengan tujuan untuk berkompetensi pada tingkat tertentu, misalnya tingkat Gugus, MKGM, Tingkat Kecamatan, Tingkat Kabupaten, Tingkat Propinsi, sampai Tingkat Nasional. Secara umum dalam penyusunan Karya Inovatif yang mampu memecahkan masalah proses pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa.
Lomba Inovasi Pembelajaran ini dibuat oleh guru dalam sebuah bentuk laporan yang sesuai dengan juknis atau pedoman lomba yang telah ditentukan oleh pemerintah khususnya Kemendikbud, atau pemerintah daerah yaitu Dinas Pendidikan Baik Tingkat Propinsi maupun Tingkat Kabupaten.
Berikut ini adalah sistematika penulisan Lomba Inovasi Pembelajaran seperti yang tertuang dalam buku pedoman pelaksanaan lomba pada halaman 11 s.d 13 :
1. Penulisan Proposal (20 halaman)
HALAMAN JUDUL
(Berisi Tentang Judul Dan Nama Penulis, Lembaga Asal, catatan judul yang baik tidak lebih dari 15 kata)
PERNYATAAN KEASLIAN DAN BEBAS PLAGIASI
(Surat pernyataan tentang keaslian tulisan dan bebas plagiasi yang harus ditulis dan
ditanda tangani di atas meterai Rp. 6000)
HALAMAN PENGESAHAN
(Surat pernyataan tentang keaslian tulisan dan bebas plagiasi yang harus ditulis dan ditanda tangani di atas meterai Rp. 6000)
PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR LAMPIRAN
DAFTAR GAMBAR
ABSTRAK
BAB I PENDAHULUAN (20%)
( Berisi latar belakang, pertanyaan penelitian, tujuan dan manfaat)
BAB II LANDASAN TEORI/TINJAUAN PUSTAKA (60%)
(Berisi teori-teori dan penelitian yang mendukung karya inovasi pembelajaran)
BAB III METODE PENELITIAN (20%)
(Berisi pendekatan, desain, setting, populasi/sampel (unit analisis), validitas dan reliabilitas (Keabsahan data), teknik pengumpulan data, analisis data)
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN (Instrumen, data pendukung: photo kegiatan, daftar hadir FGD/Seminar/Pertemuan ilmiah dan dokumen yang terkait dengan penelitian)
BIODATA
2. Penulisan Laporan Penelitian (40 halaman)
HALAMAN JUDUL
(Berisi Tentang Judul Dan Nama Penulis, Lembaga Asal, catatan judul yang baik
tidak lebih dari 15 kata)
PERNYATAAN KEASLIAN DAN BEBAS PLAGIASI
(Surat pernyataan tentang keaslian tulisan dan bebas plagiasi yang harus ditulis dan ditanda tangani di atas meterai 6000)
HALAMAN PENGESAHAN
(Surat pernyataan tentang keaslian tulisan dan bebas plagiasi yang harus ditulis dan ditanda tangani di atas meterai 6000)
PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR LAMPIRAN
DAFTAR GAMBAR
ABSTRAK
BAB I PENDAHULUAN (10%)
( Berisi latar belakang, pertanyaan penelitian, tujuan dan manfaat)
BAB II LANDASAN TEORI/TINJAUAN PUSTAKA (30%)
(Berisi teori-teori dan penelitian yang mendukung karya inovasi pembelajaran)
BAB III METODE PENELITIAN (20%)
(Berisi pendekatan, desain, setting, populasi/sampel (unit analisis), validitas dan reliabilitas (Keabsahan data), teknik pengumpulan data, analisis data)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN (40%)
(Berisi penyajian data, temuan, pembahasan)
BAB V SIMPULAN DAN SARAN (10%)
(Berisi pembuktian dari hipotesis (jawaban pertanyaan penelitian) dan berdasarkan kesimpulan dirumuskan saran-saran)
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
BIODATA
3. Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian (15 halaman)
HALAMAN JUDUL
(Berisi Tentang Judul Dan Nama Penulis, Lembaga Asal, catatan judul yang baik tidak lebih dari 15 kata)
PERNYATAAN KEASLIAN DAN BEBAS PLAGIASI
(Surat pernyataan tentang keaslian tulisan dan bebas plagiasi yang harus ditulis dan ditanda tangani di atas meterai Rp. 6000)
HALAMAN PENGESAHAN
(Surat pernyataan tentang keaslian tulisan dan bebas plagiasi yang harus ditulis dan ditanda tangani di atas meterai Rp. 6000)
PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR LAMPIRAN
DAFTAR GAMBAR
ABSTRAK
BAB I PENDAHULUAN (30%)
( Berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat)
BAB II KAJIAN TEORI (10%)
(menguraikan tentang teori-teori yang relevan)
BAB III PEMBAHASAN (50%)
(Berisi mengumukakan tentang gagasan/ide penulis dalam pemecahan masalah yang beritan dengan bidang pendidikan dan pembelajaran di sekolah/madrasah)
BAB IV KESIMPULAN (10%)
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN (Instrumen, data pendukung terkait instrumen ilmiah)
BIODATA
Demikian mengenai sistematika penulisan Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Tahun 2018 yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa membantu....
Info Sistematika Penulisan Lomba Inovasi Pembelajaran Tahun 2018
4/
5
Oleh
AZIZ